Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala




 
#1

[Image: 2u6e0l4.jpg]

Tidur dimalam hari merupakan aktivitas rutin yang dilakukan manusia. Tidur pun memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengistirahatkan fisik maupun pikiran. Kebiasaan manusia dalam aktivitas yang satu ini juga berbeda-beda. Ada yang senang tidur dengan lampu menyala, dan ada yang lebih nyaman tidur dengan lampu dimatikan.

Namun tahukah anda, tidur dengan lampu menyala bisa mengakibatkan beberapa resiko penyakit pada tubuh anda? Disaring dari beberapa sumber, berikut bahaya tidur dengan lampu menyala.

Tidur dengan lampu menyala akan menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh anda. Ahli biologi Joan Robert pernah mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin sendiri merupakan hormon yang berhubungan erat dengan kekebalan tubuh anda. Hormon melatonin ini berfungsi dapat mencegah berbagai penyakit dalam tubuh anda termasuk kanker prostat maupun kanker payudara.

Lynne Eldridge M.D, seorang praktisi kesehatan yang juga menulis buku 'Avoiding Cancer One Day At A Time' juga menuliskan bahwa perempuan buta 80 persen beresiko lebih kecil mengidap  kanker payudara dibanding dengan perempuan yang tidak buta. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap.

Agar hormon melatonin dapat berproduksi dengan baik di tubuh anda, sebaiknya anda tidur dengan lampu dimatikan. Dari hasil beberapa penelitian,tidur dengan lampu menyala juga akan merangsang pembentukan sel kanker. Oleh karena itulah, mematikan lampu saat tidur di malam hari merupakan solusi paling mudah untuk mencegah penyakit kanker tersebut. Jika anda tidak terbiasa, anda bisa menggunakan lampu suram atau lampu tidur yang berwarna merah atau kuning gelap. Dan jangan lupa mematikan layar televisi anda.

Sumur




Reply




 
#2

Juga sesuai hadist nabi


Nabi kita tercinta, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kita untuk memadamkan lampu-lampu di malam hari (ketika hendak tidur), dan setelah beberapa tahun dilakukan pengkajian ilmiah modern tentang efek cahaya terhadap manusia dan lingkungannya, maka kajian itu mengatakan:" SUngguh benar Nabinya kaum kaum Muslimin." Maka mematikan lampu di malam hari adalah salah satu bentuk mukjizat ilmiah Nabawiyah yang melindungi manusia dan lingkungannya dan pencemaran cahaya, yang muncul disebabkan cahaya yang berlebih, yang mengenai tubuh seseorang di malam hari.

Hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Tentang Masalah Ini

Nabi kita yang tercinta, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam telah memperingatkan kita tentang bahaya lampu, apabila kita membiarkannya menyala ketika kita tidur. Dan peringatan dari Nabi tersebut terdapat dalam banyak riwayat, di antaranya ada yang disebutkan alasan dari peringatan tersebut, yaitu khawatir terjadi kebakaran, dan sebagiannya lagi tidak disebutkan alasan dari perintah memadamkan lampu di malam hari, agar perintah tersebut berlaku umum, dan sebagai bentuk kasih sayang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kepada seluruh makhluk di setiap tempat dan zaman. Di antara hadits-hadts tersebut adalah sebagai berikut:

Riwayat-riwayat yang disebutkan di dalamnya alasan untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari.

1. Dari Abu Musa radhiyallahu 'anhu, dia berkata:


(احْتَرَقَ بَيْتٌ بِالْمَدِينَةِ عَلَى أَهْلِهِ مِنْ اللَّيْلِ فَحُدِّثَ بِشَأْنِهِمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ هَذِهِ النَّارَ إِنَّمَا هِيَ عَدُوٌّ لَكُمْ فَإِذَا نِمْتُمْ فَأَطْفِئُوهَا عَنْكُم) رواه البخاري.

" Pada suatu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (ketika penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau bersabda:" Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu." (HR. al-Bukhari)



Reply




 
#3

setuju banget dengan sunnah rosul tentang tidur sebaiknya mematikan lampu. Tapi sayangnya dikosku banyak kecoa dan kalau lamput dimatikan , kecoanya pada berkeliaran



Reply




 
#4

Pancaran lampu memang tidak bagus untuk tubuh yang sedang tidur atau proses metabolisme.



Reply




 
#5

Kalau bisa memang lampu jangan terlalu sering dinyalakan karena bisa mengakibatkan kebakaran karena aliran listrik tidak bagus, apalagi kalau lampu tersebut dibiarkan menyala ketika kita tertidur.
Jual Mesin Pemadam Kebakaran untuk Bangunan yang Anda tempati.



Reply




 
#6

Baru tahu, tentang masalah tidur dengan lampu menyala.



Reply


           


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2014 iAndrew  
Powered By MyBB, © 2002-2017 MyBB Group.